19 Mei 2009

Jimi Hendrix

Meskipun karirnya terbilang pendek, tetapi Jimi Hendrix, sebagai salah satu referensi guitaris dunia sudah memberikan sumbangan yang sangat besar bagi perkembangan musik. Jimi Hendrix menjadi referensi dan panutan bagi semua gitaris pada era sesudahnya. Bukan hanya pemain gitar saja, tetapi semua musisi. Bahkan gitaris sekaliber Jimmy Page, dalam beberapa repertoire klasik Led Zeppelin, juga sangat terpengaruh Jimmi Hendrix. Ini terbukti pada lagu “Dazed And Confused” yang sangat terasa seperti lagu “Hey Joe” nya Jimmi Hendrix. Mantan gitaris Gun N’ Roses, Slash, juga selalu menyelipkan intro “Voodoo Child” milik Jimi Hendrix yang khas dengan efek baby cry – nya pada setiap konser GNR. Disamping itu, Slash juga sempat merekam lagu berjudul “I Don’t Live Today” bersama Billy Cox dan Buddy Miles yang dimuat dalam album “Tribute Stone Free” yang dirilis pada tahun 1993
Bahkan Jimmi Hendrix juga menjadi referensi bagi dua guitaris top dunia seperti, Joe Satriani dan Yngwie Malmsteen. Kedua guitaris ini ternyata mulai bermain gitar pada tanggal 18 September 1970, bertepatan dengan hari kematian Jimmi Hendrix.
Joe Satriani sebenarnya pada awalnya ingin menjadi pemain bola, namun kemudian ia memutuskan untuk berhenti dan beralih menjadi seorang gitaris ketika mendengar berita di radio tentang kematian Jimmi Hendrix. Hal serupa juga dialami Yngwie Malmsteen, yang juga mulai memegang gitar setelah menonton berita kematian Jimmi Hendrix di layar TV. Padahal gitar Yngwie Malmsteen sudah bertahun – tahun dibiarkan tergantung di kamarnya. Sebagai bukti kekagumannya terhadap Jimmi Hendrix, Yngwie Malmsteen pernah merekam lagu milik Jimmi Hendrix berjudul “Spanish Castle Magic” yang termuat dalam dua album milik Yngwie Malmsteen yaitu, “Yngwie Malmsteen’s Collection (1991), dan Inspirations (1997). Bahkan pada album Inspiration, Yngwie juga memuat lagi lagu milik Jimmi Hendrix berjudul “Manic Depression”

Kirk Hammet, Guitaris Metallica selalu menyebut nama Jimi Hendrix pada saat ditanya “Siapa Gitaris terhebat” Ia bahkan tidak pernah menyebut gitaris dari zamannya sendiri. Gitaris lain yang pernah memberikan tribute / penghargaan bagi Jimi Hendrix adalah Scotti Hill, gitaris Skid Row, dan Richie Sambora, gitaris Bon Jovi. Richie Sambora memuat lagu “The Wind Cries Mary” pada album soundtrack “Ford Fairlane Adventure” pada tahun 1990. Sedangkan penghargaan dari Scotti Hill adalah di album “Tribute Skid Row, B-side Ourselves” yang dirilis pada tahun 1992, dimana album tersebut juga memuat salah satu lagu milik Jimi Hendrix berjudul “Little Wing”.
Pada tahun 1993, King’s X, juga menyisipkan lagu “Manic Depression” di album mereka “Dogman”. Bahkan sebelumnya, yaitu di tahun 1989, Great White juga pernah memainkan lagu “Red House” di atas panggung dan memuatnya pada album mereka “Recovery: Live”. Di tahun yang sama, Ozzy Osbourne juga pernah membawakan lagu milik Jimi Hendrix berjudul “Purple Haze’ di Moscow Rock Festival’ , yang kemudian dimuat di album kompilasi “Stairway To Heaven, Highway To Hell”. Untuk informasi dan referensi tambahan, musisi Reb Beach, juga pernah memuat lagu “Purpe Haze” di album Winger Pull” di tahun 1993. Selain itu, Steve Vai dalam album “Tribute Hendrix In From The Storm (1995), juga membawakan dua lagu milik Jimi Hendrix berjudul, “Bold As Love” dan “Drifting”. Steve Vai bersama Joe Satriani serta Eric Johnson juga menampilkan lagu “Red House” di album “G3 Live” di tahun 1997.
Pada decade 70-an banyak guitaris dahsyat seperti Tomy Iommi (Black Sabbath), Ace Frehley (Kiss), Richie Blackmore (Deep Purpe) dan lainnya. Kemudian di tahun 80-an bermunculan gitaris top dunia bahkan bisa dikatakan lebih hebat dari Jimmi Hendrix, sepert Eddie Van Halen, George Lynch (Dokken), Marty Friedman (Megadeth), Dimebag Dareel (Pantera) dan masih banyak lagi. Di tahun 90-an muncul nama John Petrucci (Dream Theater), tapi semuanya belum bisa menyamai kebesaraan nama Jimmi Hendix. Karena bisa dikatakan kalau Jimmi Hendrix sudah menjadi legenda gitaris dunia hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUMBER PENGHASILAN

 
Masukkan Code ini K1-434DCE-X
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
free counters

MUSIC DOWNLOADS

SOFTWARE