19 April 2009

The Police (bag 1)



Idola Remaja Tahun 80-an

Memasuki periode pertengahan 70 – an , mulai bermunculan , band new wave. Umumnya mereka menampilkan corak musik punk. Tetapi lain dengan The Police, band yang tampil minimalis ini, sejak berdiri di Newsastle, Inggris, di akhir tahun 1976, memang diformat dalam bentuk trio.
Kisah The Police berawal dari pertemuan Gordon Summer yang kemudian dikenal sebagai Sting (karena sering memakai T-shirt warna kuning) dengan Stewart Copeland. Kedua musisi tersebut sudah memiliki jam terbang tersendiri di dunia musik. Sting, misalnya, pernah bergabung dengan band Last Exit yang mengusung musik jazz. sedangkan Stewat Copeland adalah mantan personel grup Air yang mengusung musik rock progresif.
Mereka kemudian mengajak gitaris asal Corsica, Henri Pandovani. Maka lengkaplah formasi awal The Police, yaitu Sting (bas / vocal), Stewart Copeland (drum) , dan Henri Pandovani (gitar). Saat itu mereka masih menjadi band indie label yang telah meluncurkan debut single “Fall Out”. Tak lama Henri bergabung dengan The Police. Dia kemudian digantikan oleh Andy Summer. Gitaris bernama Andy Summer itu merupakan personel The Police yang memiliki pengalaman paling banyak di dunia musik. Sebelumnya Andy ini pernah bergabung dengan band yang mengusung musik R&B, Big Roll Band, kemudian bergabung dengan Eric Burdon and The Animals yang memainkan musik psycadelick rock, dan band rock progresif Soft Machine srta Kevin Ayers.
Pengalaman personelnya justru membuat musik The Police kaya sound. Tetapi sebagai band baru yang mengusung corak new wave, rata – rata lagu mereka cukup pendek dan rapi.

Gebrakan awal The Police adalah saat melempar single “Roxanne” karya Sting. Setelah mereka menandatangani kontrak rekaman dengan A & M Record. Nama The Police juga tidak bisa lepas dari jerih payah manager grup yang tak lain adalah kakak kandung Steward Copeland, Miles Copeland. Memilih Miles Copeland sebagai manager grup memang tidak keliru. Buktinya, Miles yang memperkenalkan The Police ke pasar Amerika Serikat ternyata memiliki strategi dagang yang tangguh.
Sukses dengan “Roxanne”, The Police meluncurkan debut album Outlands D Amour (Outlaw’s of love) yang laris manis di pasaran pada tahun 1978. The Police juga mulai berani manggung di beberapa negara termasuk menggelar konser di Argentina dan India.
Outlands D Amour, merupakan album new wave yang menyajikan warna pop dengan aksentuasi reaggea. Maka begitu menyimak nomor – nomor di album debut tadi semacam “Roxanne”, “Can’t Stand Lossing You”, “So Lonely” akan terasa warna musik Carribbean yang dipadu dengan warna pop atau punk. Album itu melahirkan hit radio selain “Roxanne”, yaitu “Next to You”, “So Lonely, dan “ Hole in My Liife”. Lagu Roxanne” sendiri menduduki posisi 12 di Inggris dan 32 di Amerika Serikat.
Memasuki tahun 1979, The Police menampilkan hit pada bulan September, “Message in the Bottle” dan menduduki posisi puncak di chart Inggris. Single ini juga menjadi pertanda awal perilisan album kedua, Regatta De Blanc, yang merupakan terjemahan dari judul “White Reaggae”.
Pada lagu Message in the Bottle”, The Police lebih banyak memainkan corak punk dengan bumbu – bumbu permainan tapping gitar Andy Summer. Sama dengan “Roxanne”, tetapi pada lagu itu The Police mempercepat permainan. Lain halnya dengan :Walking on the Moon” atau “ The Bed’s Too Big Without You” yang lebih menonjolkan unsur reaggea.
Pada lagu “The Bed’s Too Big Without You”, Steward Copeland lebih banyak memainkan simbal. Stin lebih menonjolkan kembangan permainan bas ditambah vokalnya yang melengking tinggi – genit.
Sukses Reaggea D Blanc diikuti rangkaian tur di akhir tahun 1979. tur itulah yang mengantrol album hingga menjadi album nomor satu di Inggris dan nomor 25 di Amerika.
Ketika tur berakhir, pamor The Police terus menanjak. Mereka menjadi idola baru remaja pada awal tahun 80-an.dandanan mereka, rambut tak teratur berwarna blonde plus jaket kulit, begitu khas dan menimbulkan deman di kalangan remaja waktu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUMBER PENGHASILAN

 
Masukkan Code ini K1-434DCE-X
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
free counters

MUSIC DOWNLOADS

SOFTWARE